Beranda | Artikel
Waqfeya.com Pusat Literatur Arab Klasik dan Kontemporer
Sabtu, 13 September 2014

Suatu hal yang penting dimiliki oleh seorang ustadz, santri, dan orang yang ingin mempelajari Islam secara mendalam adalah bahan bacaan dan literatur yang mencukupi. Memang saat ini toko-toko buku agama menjamur di setiap kota, akan tetapi tidak semua orang mampu untuk membelinya. Apalagi jika bacaan tersebut berbahasa arab, jarang sekali didapatkan dan harganya relatif mahal.

Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, kini dengan mudahnya kita mendapatkan literatur atau referensi untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu syariat. Di antaranya banyak situs yang menyediakan bahan bacaan dengan format PDF. Sehingga dapat dengan mudahnya dibaca secara offline di PC, laptop, tablet ataupun smartphone.

Salah satu situs yang menyediakan bahan bacaan yang cukup lengkap dan bisa diunduh secara gratis adalah www.waqfeya.com (المكتبة الوقفية) . Situs berbahasa arab ini memiliki koleksi ribuan kitab berbahasa arab, baik klasik ataupun kontemporer.

Ketika pertama kali mengunjungi situs ini, pengunjung akan disuguhi tampilan yang cukup sederhana. Latar belakang putih mewarnai daftar kitab-kitab yang baru diunggah, dan kitab-kitab yang paling banyak diunduh. Di sebelah atas situs, terdapat kolom pencarian. Pengunjung tinggal mengetik apa yang hendak di cari, kemudian memilih pada kolom di bawahnya. Apakah itu judul kitab (عنوان), nama pengarangnya (مؤلف) , nama muhaqiqnya (peneliti kitab) (محقق) ataupun pencarian umum (بحث عام) .

Pada sisi kanan terdapat kolom yang berisi menu kabar berita terbaru dari situs, video mengenai tata cara penulisan karya ilmiah, beberapa rekaman pelajaran dalam bentuk mp3,dan daftar klasifikasi berbagai disiplin ilmu yang menjadi koleksi situs. Di antaranya : majalah-majalah ilmiah, ulumul qur’an, tajwid, tafsir, ushul tafsir, hadits, musthalah hadits, al-Jarh wat Ta’dil, kutubus sittah, tauhid, kelompok-kelompok dan agama-agama serta bantahannya, ushul fiqh dan kaidahnya, fikih umum, fikih madzhab, fatwa-fatwa, sirah nabawiyah, ekonomi islam, perundang-undangan dalam Islam, pendidikan & pengajaran, nahwu & sharaf, dan berbagai disiplin ilmu lainnya.

Ketika kita sudah menentukan kitab yang ingin diunduh, maka kita akan dibawa ke halaman lain dan munculah gambar sampul kitab yang dipilih. Karena situs waqfeya men-scan kitab yang sudah dicetak oleh penerbit kemudian menformatnya dalam bentuk PDF, sehingga sesuai aslinya. Di bawah gambar sampul kitab ada sedikit penjelasan mengenai kitab tersebut. Yang meliputi judul kitab secara lengkap, nama pengarang, nama muhaqqiq bila ada, penerbit, tahun terbit, jumlah jilid, besar file dalam bentuk megabyte, dan terakhir adalah tautan untuk mengunduh kitab secara langsung.

Selain koleksi kitab-kitab arab, situs ini juga memiliki koleksi dalam bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Indonesia, Turki, Persia, Jerman, Italia, Rusia, India, Filipina. Akan tetapi hanya ada sedikit sekali.

Menurut pemberitahuan yang dimuat dalam situs, saat ini waqfeya.com sudah menscan 10 juta halaman kitab. Kedepannya situs ini tidak hanya memuat koleksi PDF saja, akan tetapi ditambahkan koleksi berformat TXT, CHM, EXE dan lain-lain.

Keberadaan situs waqfeya.com sangatlah membantu bagi orang-orang yang membutuhkan literatur yang lengkap, Semoga review yang singkat ini bisa membantu bagi orang yang ingin mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari kitab yang diunggah oleh situs tersebut.

Kamis Pagi, 11/09/14 Kamar D 06, STDI Imam Syafi’i

Penulis : Djati Purnomo

Artikel Muslim.Or.Id

🔍 Doa Buka Puasa Shahih, Dalil Tentang Iman Islam Dan Ihsan, Yahudi Dalam Alquran, Karya Muhammad Bin Abdul Wahab


Artikel asli: https://muslim.or.id/22617-waqfeya-com-pusat-literatur-arab-klasik-dan-kontemporer.html